Selasa, 12 September 2017

Pengalaman Perjalanan KRL Commuter Line Pondokranji - Rangkasbitung dan Rangkasbitung - Jurangmangu.

Assalamualaikum, wr, wb ☺


Apa kabar semuanya? Sebelum saya mau buat proposal skripsi saya, kali ini saya akan share pengalaman saya menggunakan KRL Commuter Line Jurusan Pondokranji - Rangkasbitung dan Rangkasbitung - Jurangmangu. Nah, KRL Commuter Line ini merupakan rute terbaru dari PT. KCJ sejak dioperasikan pada tanggal 1 April 2017 lalu menggantikan KA Kalimaya, KA Langsam, dan KA Rangkas Jaya. KRL Commuter Line Rangkasbitung ini merupakan jarak terjauh yaitu 72 KM dari Tanah Abang - Rangkasbitung. KRL ini melewati pemandangan Perkotaan (Jakarta, bintaro, sampai serpong) dan sawah-sawah di ruas cicayur - rangkasbitung. Kini, ruas Tanah Abang - Rangkasbitung ini sudah dikuasai oleh Kaleng Besi alias KRL Commuter Line EX-JR 205 itu setelah tak beroperasionalnya KA Favoritku yang serivalnya KA Jayabaya yaitu KA Krakatau, tetapi hanya perubahan nama dan rute yaitu "KA Singasari" Jurusan Pasar Senen - Lempuyangan - Purwosari (Solo sonoan dikit) - Madiun - Blitar PP. Banyak keluhan banget terkait tak beroperasinalnya KA Terpanjang dari ujung jawa (Merak) ini. Misalkan, ada orang2 dari merak - parung panjang yang ingin menuju jateng, jogja, dan jatim. Nah, untuk orang2 yang disana itu mereka harus naik KA Lokal Merak (kalo sebutan saya sih feeder) dari merak menuju rangkas. Setelah itu mereka harus naik KRL itu di stasiun rangkasbitung menuju jakarta (Tanah Abang). Sayang ya, KA dari ujung jawa (Merak) itu mengalami perpendekan rute dan perubahan nama *Huhuhu :"((

Okey, now next topic "The Experience". Nah, saya dimulai dari kampus UIN Jakarta menggunakan Grabbike pada jam 10.40 pagi, setelah itu saya sampai di stasiun pondokranji pada jam 10.55 pagi. Lalu menunggu KRL Commuter Line Jurusan Rangkasbitung.

Stasiun Pondokranji. Stasiun Terpenting untuk Mahasiswa UIN Jakarta, Masyarakat Ciputat dan sekitarnya

Setelah itu masuklah KRL Commuter Line tujuan Rangkasbitung pada jam 11.11 siang.....


KRL Commuter Line EX-JR 205 jurusan Rangkasbitung Masuk Stasiun Pondokranji.
Setelah itu, saya masuk kedalam rangkaian tersebut....

Penumpang KRL Rangkas dicampur dengan Orang Gedeaan alias Orang Kaya *lol
Setelah sampai stasiun sudimara untuk menaikan/menurunkan penumpang lanjut lagi ke stasiun akhir. Stasiun Rangkasbitung :)


Stasiun Sudimara. Stasiun ini mirip banget dengan Stasiun Pondokranji, tapi jangan turun disini ya kalo mau ke UIN Jakarta, turunnya di Jurangmangu atau Pondokranji.

Setelah sampai Stasiun Serpong, lanjut lagi ke Rangkasbitung :)
Papan nama stasiun Serpong
Penumpang mulai ngak numpuk banget deh he he....


Setelah Sampai di Stasiun Parung Panjang, lanjut lagi ke stasiun akhir Rangkasbitung :)
Oh ya, setelah stasiun ini kalian akan disuguhkan pemandangan desa :)

Stasiun Parung Panjang (Yang Lama)
Setelah sampai di stasiun tigaraksa, Lanjut lagi ke rangkasbitung :)

Stasiun Tigaraksa
Setelah sampai maja, jalur Maja - Rangkasbitung ini masih single track. Jadi, jalur Maja - Rangkasbitung masih dalam proses pengerjaan Double Track itu. Oh ya, maaf yang saya ngak sempat foto stasiun maja sampai citeras. Maaf ya *piss :)

Barulah sampai di stasiun akhir "Rangkasbitung" :)

Stasiun Rangkasbitung dengan KRL EX-JR 205

Salah Satu Rangkaian KA Lokal Merak di Stasiun Rangkasbitung

Papan Nama Stasiun Rangkasbitung Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar